Makna Lukisan Dalam Becak

Dijual Buku Antik dan Langka

Makna Lukisan Dalam Becak


Becak selain menjadi alat transportasi dan alat utama mata pencaharian, kerap kali digunakan sebagai media penyampaian gagasan/ide. Ungkapan gagasan ini selanjutnya dikenal sebagai lukisan becak. Gambar-gambar yang dilukis ataupun tulisan yang dituangkan pada angkutan becak, bukan hanya sekedar lukisan atau gambar biasa saja, namun dibaliknya terkandung maksud-maksud tertentu yang kasat mata.

Makna Lukisan Dalam Becak


Di kota Yogyakarta masih banyak ditemukan becak-becak dengan lukisannya yang khas. Meskipun keberadaannya saat ini semakin berkurang akibat dari banyaknya moda transportasi yang lebih modern, namun becak-becak dengan lukisan khas ini masih tetap bertahan. Biasanya lukisan ini terdapat pada slebor, sandaran kursi penumpang dan dibalik sandaran kursi penumpang.

Karena keunikan dan kekhasan inilah, telah banyak dilakukan penelitian terhadap lukisan becak. Selain itu, seniman yang peduli terhadap karya seni ini juga pernah menyelenggarakan pameran di ruang publik dengan maksud untuk memahami dan melestarikan nilai-nilai seni ataupun humanisme yang terkandung di dalam lukisan becak.

Makna Lukisan Dalam Becak


Gambar dan tulisan yang tertuang pada angkutan becak merupakan hasil pikiran dan curahan hati pengemudi becak yang dituangkan melalui berbagai tipografi visual. Hasil visual tersebut antara lain mencurahkan bagaimana keadaan sosial pengemudi becak dan penggambaran diri pengemudi becak yang ingin diakui keberadaannya dalam kehidupaan masyarakat.




Sumber: https://www.mobgenic.com/memahami-arti-dan-makna-yang-terkandung-dalam-lukisan-becak/

Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Makna Lukisan Dalam Becak

Posting Komentar