Kisah Lucu Pahlawan Haji Agus Salim Dengan Pangeran Philip di Istana Buckingham Inggris

Dijual Buku Antik dan Langka

Haji Agus Salim mengayun-ngayun rokok kreteknya di sekitar hidung pangeran. Lalu ia bertanya," Paduka yang mulia, apakah paduka mengenali aroma rokok kretek ini?"

Haji Agus Salim bercanda Dengan Pangeran  Philip

Bukan Haji Agus Salim, kalau tidak jenaka. Ia memang lucu, pandai menghidupkan suasana disetiap pertemuan resmi.

Suatu ketika, Haji Agus Salim berada di Istana Buckingham, Inggris. Saat itu, ia memimpin utusan delegasi Indonesia, menghadiri undangan pemerintah Kerjaan Inggris dalam acara Penobatan Ratu Elizabeth II, tahun 1953. Haji Agus Salim memperhatikan Pangeran Philip.

"Wah, masih muda sekali," bisik Haji Agus Salim dalam hati.

Pangeran Philip terlihat tegang menghadapi para tamu yang hadir di istana yang megah itu. Tampaknya, ia belum terbiasa memainkan peranannya sebagai pasangan dari Ratu Elizabeth. Demikian canggungnya sehingga ia terkesan lalai meladeni para tamu dari berbagai negara, yang khusus datang dari jauh hanya untuk menghadiri dan menghormati acara penobatan itu.

Sambil menjentik rokoknya, Haji Agus Salim mendekati Pangeran Philip. Ia ingin mengendorkan ketegangan Pangeran Philip. Haji Agus Salim mengayun-ngayun rokok kreteknya, rokok kretek khas Indonesia, di sekitar hidung pangeran.

Lalu ia bertanya," Paduka yang mulia, apakah paduka mengenali aroma rokok kretek ini?"

Pangeran Philip dengan ragu-ragu menghirup asap kretek Haji Agus Salim yang meliuk-liuk di udara. Ia tampaknya mencoba menebak maksud lelucon Haji Agus Salim. "Tidak, saya tidak mengenali aroma kretek anda," aku Pangeran Philip.

"Gara-gara rokok kretek ini, 3oo atau 400 tahun yang lalu bangsa paduka mengarungi lautan mendatangi negeri saya," jawab Haji Agus Salim sambil tersenyum.

Memang Inggris dan bangsa Eropa lainya mengarugi samudera ke kepulauan Nusantara yang sangat jauh hanya untuk memburu cengkeh dan rempah-rempah.

Pangeran Philip pun tersenyum. Sekarang ia tidak tegang lagi melayani tamu-tamu terhormatnya gara-gara kejenakaan Haji Agus Salim dengan rokok kreteknya. Sumber ; Seri Kisah pejuang Islam Agus Salim Diplomat Ulung. Penerbit Pt. Rosdakarya Bandung-2001.


Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Kisah Lucu Pahlawan Haji Agus Salim Dengan Pangeran Philip di Istana Buckingham Inggris

Posting Komentar