Album 97 Pahlawan Nasional dan Sejarah Perjuangannya

Dijual Buku Antik dan Langka

buku pahlawan nasional dan sejarah perjuangannya


Album 97 Pahlawan Nasional dan Perjuangannya

Buku ini memuat sejarah dan perjuangan 86 Pahlawan Nasional, yaitu para pahlawan yang secara resmi telah diakui dan diberi gelar Pahlawan Nasional dengan beberapa katagorinya. Berdasarkan surat keputusan Presiden Republik Indonesia.

  • Penyusun : Team Bahtera Jaya
  • Penerbit : Bahtera Jaya - Jakarta
  • Cetakan : Ke -10 tahun 1997
  • Tebal : 107 halaman
  • Bahasa : Indonesia
  • Sampul : Paperback
  • Dimensi : 29.5 x 21 cm
  • Kondisi : Halaman lengkap Keterbacaan jelas
  • Harga : Rp. 75. 000 belum termasuk ogkos kirim
  • Call/SMS/WA : 0821 3029 2636

Sebagian Daftar Isi :

Sultan Agung 1591 - 1645
Sultan Agung Anyokrokusumo dalah cucu dari Sutawijaya atau lebih dikenal dengan nama Panembahan Senopati pendiri kerajaan Mataram. Sultan Agung dilahirkan di Yogyakarta pada tahun 1951. Ia merupakan penguasa lokal Indonesia pertama yang mengadakan peperangan dengan Belanda secara teratur dan besar-besaran.

Sultan Hasanuddin 1631-1670
Sultan Hasanudin dilahirkan pada tahun 1631 di Ujungpandang. ia pueta kedua dari Sultan Malikussaid, Raja Gowa ke-15. Semasa remaja Hasanuddin sering mewakili ayahnya sebagai utusan ke pelbagai kerajaan lainnya di Indonesia. Bahkan iapun diangkat ayahnya sebagai panglima perang. Dan dijuluki sebagai Ayam Jantan dari Timur.

Sultan Ageng Tirtayasa
Abdulfath Abdulfatah yang lebih dikenal dengan nama Sultan Ageng Tirtayasa dilahirkan pada tahun 1631. ia adalah Sultan Banten keenam. Kehendak belanda untuk memaksakan monopoli dagangnya tentu saja mendapat tantangan dari Sultan Ageng Tirtayasa. Sejak itu Banten selalu berjuang dengan gigih untuk memulihkan kedudukannya. Mereka meningkatkan terus perlawanan terhadap Belanda.

Nyi Ageng Serang
Serang adalah desa terpencil 40 km di sebelah utara kota Sala. Di desa itulah pada tahun 1752 lahir Raden Ajeng Kustiah Retno Edi yang lebih dikenal dengan nama Nyi Ageng Serang. Ayahnya adalah Pangeran Notoprojo yang kemudian terkenal sebagai Panembahan Serang,. ia menjadi Buoati Serang dan kemudian diangkat menjadi Panglima Perang oleh Sultan Hamengkubuwono I.

Kapitan Pattimura 1783 - 1817
Thomas Matulessy yang kemudian lebih dikenal dengan nama Kapitan Pattimura dilahirkan di Ambon pada tahun 1782. Ia memasuki dinas Inggris dengan pangkat sersan. Waktu itu belanda harus menyerahkan kekuasaannya kepada Inggris akibat kekalahan Negeri Belanda di Eropa.

Tuanku Imam Bonjol
Peto Syarif yang kemudian lebih dikenal dengan Tuanku Imam Bonjol dilahirkan pada tahun 1772 di kampung Tanjung Bunga, kabupaten Pasaman Sumatera Barat. Ia dilahirkan dalam lingkungan agama. Mula-mula ia belajar agama dari ayahnya, Buya Nurdin. Kemudian dari beberapa orang ulama lain, seperti Tuanku Koto Tua dan Tuanku Nan Renceh. Tuanku Imam Bonjol adala pendiri negeri Bonjol.

Pangeran Antasari 1809 - 1862
Pangeran Antasari dilahirkan pada tahun 1809. Ia adalah keturunan keluarga kesultanan Banjarmasin dan dibesarkan di luar lingkungan istana. Karena itu ia merasakan betul nasib dan penderitaan rakyat banyak.

Teungku Cik Di Tiro
Muhammad Saman yang kemudian dikenal dengan nama Teungku Cik Di Tiro, dilahirkan pada tahun 1836 di Cumbok Lamlo, Tiro, daerah Pidi, Aceh. 

Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Album 97 Pahlawan Nasional dan Sejarah Perjuangannya

Posting Komentar