Pohon yang Mempunyai Kekuatan Mistis

Dijual Buku Antik dan Langka





Pohon Hanjuang menurut kepercayaan penduduk
Jawa Barat memiliki kekuatan gaib



Pepohonan yang tumbuh di halaman dalam kraton Yogyakarta dan Surakarta menurut kepercayaan setempat, memiliki tuah dan arti magis.

Misalnya pohon Kepel (stelehocarpus burahol) yang merupakan deodoran jaman dulu, selain mengusir bau keringat ditubuh, juga punya arti magis, agar si pemilik pohon memiliki wibawa terhadap anak buahnya. Bahasa Jawa kepel berarti kepal, kekuasaan dikepal dalam tangan. 

Jambu Darsana, membuat si empunya pohon dikasihi sesama manusia. Pohon Tlampok Arum di kraton biasanya ditanam di Sri Manganti ; konon bisa memancarkan nama harum Sang Raja. Jeruk Kingkit (Triphasia trifolia), melambangkan si pemilik rumah akan panjang umur, dan rejekinya melimpah ruah. Pohon sawo Kecik (Manalikara kauki) bermakna raket (karib) dan becik (baik) bagi pemiliknya, ia selalu dihormati orang lain. Jaman dulu, para penggede di Yogyakarta dan Solo harus menanam Sawo Kecik di pekarangan rumahnya.

Sedangkan pohon Gayam (Incocarpus fagiferus),di Kraton Yogya dan Solo biasanya ditanam di sebelah utara dan selatan Pagelaran. Pohon Gayam konon bisa melestarikan sumber air sehingga bisa menyejukkan udara. Pohon Kemuning (Aglaia odorata) biasanya ditanam di kiri kanan pintu masuk kraton (Regol). Berfungsi untuk menolak santet atau tenung. Bagi mempelai Kemuning biasanya digunakan sebagai bedak (lulur) agar terhindar dari ilmu hitam (black magic).

Pohon Tanjung (Mimusops elengi) yang tumbuh di kraton Jawa, biasanya ditanam dekat Bangsal Pancaniti (tempat mengadili orang yang bersalah), atau ditanam sepanjang jalan masuk pekarangan rumah bangsawan. Seperti Palem Raja (Palma Regia) yang begitu anggun menghiasi istana dan bangunan resmi pemerintah di kota-kota besar.

Di Tatar Sunda, dikenal juga beberapa jenis tanaman, yang menurut kepercayaan penduduk, memiliki kekuatan magis. Tanaman yang dimaksud adalah Hanjuang, Dadap, Kelor, Paku dan Bambu-kuning.*** Sumber: Semerbak Bunga di Bandung Raya - Haryoto Kunto






Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Pohon yang Mempunyai Kekuatan Mistis

Posting Komentar