Wisata ke Bandung Tempo Dulu

Dijual Buku Antik dan Langka

 Bandung Tempo Dulu
LOCOMOTIF DI BANDUNG
FOTO DIBUAT TAHUN 1938



Menurut cerita mantan Kepala Stasion Stasion Cimahi, Cibatu, Bandung pada tahun 1930'an, berpergian dengan kereta api pada jaman baheula merupakan aktraksi wisata lokal bagi penduduk pedesaan di sekitar Kota Bandung, dengan istilah Nyaba ka dayeuh (pergi ke kota) mereka berbondong pergi ke dayeuh Bandung. Dayeuh adalah sebutan populer masa itu untuk Bandung.

Jadi bila ada calon penumpang K.A. yang mengatakan Dayeuh di depan loket karcis sebuah halte kecil sekitar Bandung, jelas kota tujuan yang dimaksud adalah Kota Bandung.


Adapun jalur kereta api yang dibangun di wilayah hinterland Kota Bandung pada awal abad-20, bukan hanya berfungsi sebagai sarana angkutan penumpang dan hasil perkebunan saja, akan tetapi juga telah dapat mengintegrasikan perekonomian ke wilayah Dataran Tinggi Bandung. 


Kota kecil yang dihubungkan oleh jalan kereta api ke Kota Bandung tempo dulu, meliputi trayek sebagai berikut : Tanggal 23 Pebruari 1918 dibangun jalur rel K.A. : Bandung - Rancaekek - Jatinangor -Tanjungsari - Citali. Yang direncanakan terus ke Sumedang, namun tak pernah terlaksana.


Trayek Trem Bandung ke Kopo pada tanggal 1 Juni 1918 dan diteruskan ke Ciwidey 18 maret 1921.
Lintas K.A. dari Bandung ke Citeureup - Majalaya 6 juni 1919 pada jalur sama dibangun pula lintasan rel K.A. Citeureup - Banjaran - Pangalengan, yang rampung dikerjakan pada tanggal 18 Maret 1921. (Lihat : BLMC.Perquin, Nederlansche Indisch Staatspoor en Tramwegen,1921). Sumber Wajah Bandoeng Tempo Doeloe - haryoto Kunto.


Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Wisata ke Bandung Tempo Dulu

Posting Komentar