Cerpen Robohnya Surau Kami Karya A A Navis Bagian 6

Dijual Buku Antik dan Langka


aa navis robohnya surau kami



" Lain..."
Sudah kuceritakan semuanya, o, Tuhanku. Tapi kalau ada yang ku lupa mengatakannya, akupun bersyukur karena Engkaulah yang Maha Tahu - Sungguh tidak ada lagi yang kau kerjakan di dunia selain yang kau ceritakan tadi ?
"Ya.. itulah semuanya, Tuhanku
"Masuk kamu..."
Dan malaikat dengan sigap menjewer Haji Saleh keneraka. Haji Saleh tidak mengerti kenapa ia dibawa keneraka. Ia tak mengerti apa yang dikehendaki Tuhan daripadanya dan ia percaya Tuhan tidak

Alangkah tercengangnya Haji Saleh, karena dineraka itu banyak teman-temannya didunia terpanggang hangus, merintih kesakitan. Dan ia tambah tak mengerti lagi dengan keadaan dirinya, karena semua orangorang yang dilihatnya dineraka tak kurang ibadatna dari dia sendiri. Bahkan ada salah seorang yang telah sarnpai empatbelas kali ke Mekah dan bcrgelar Sjech pula. Lalu Haji Saleh mendekati mereka, laIu bertanya kenapa mereka dineraka semuanya. Tapi sebagaimana Hadi Saleh, orangorang itupun tak mengerti juga.
15

"Bagaimana Tuhan kita ini ?" kata Haji Saleh kemudian, — Bukankah kita disuruhNya taat beribadat, teguh berimanan ? Dan itu semua sudah kita kerjakan selama hidup kita. Tapi kini kita dimasukkan keneraka "

"Ya. Kami juga berpendapat demikian. Tengoklah itu, orang-orang senegeri kita semua, dan tak kurang ketaatannya beribadat - Ini sungguh tidak adil - Memang tidak adil — kata orang-orang itu mengulangi ucapan Haji Saleh.

"Kalau begitu, kita harus minta kesaksian kesalahan kita. Kita harus mengingatkan Tuhan, kalau-kalau Ia silap memasukkan kita ke neraka ini
"Benar. Benar. Benar" sorakan yang lain membenarkan Haji Saleh.
"Kalau Tuhan tak mau mengakui kesilapanNya, bagaimana ?
"Suatu suara melengking didalam kelompok orang banyak itu.
"Kita protes. Kita resolusikan" Kata Haji Saleh.
"Apa kita repolusikan juga ? "tanya suara jang lain, yang rupanya didunia menjadi pemimpin gerakan repolusioner.
"Itu tergantung pada keadaan" kata Haji Saleh. yang penting sekarang, mari kita berdemonstrasi menghadap Tuhan " Besambung ke halaman Berikut 



Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Cerpen Robohnya Surau Kami Karya A A Navis Bagian 6

Posting Komentar