Masa Kecil Sukarno

Dijual Buku Antik dan Langka

presiden sukarno
SUKARNO PUTRA SANG FAJAR


Sukarno Sayang Ibu

Presiden Pertama Republik Indonesia. lnsinyur Soekarno, dilahirkan 6 Juni 1901 di Madiun. Ibunya, Ida ayu, adalah keturunan bangsawan Bali dari kasta Brahmana. Ayahnya seorang guru, cucu keturunan pengikut setia Pangeran Diponogoro. Ketika Soekarno lahir, Indonesia masih dijajah Belanda.

Keluarga Soekarno miskin. Karena kekayaan nenek moyangnya telah lama dirampas Belanda. Usia 6 tahun, Soekarno pindah ke Mojokerto. "Kami tinggal di desa melarat. Keadaan tetangga tak jauh beda dengan kami. Tapi. mereka masih punya sisa uang untuk membeli pepaya atau jajan lainnya. Aku tidak pernah punya," kisah Bung Karno mengenai masa kecilnya seperti yang ditulis dalam buku Cindy Adams.

lbulah yang menjadi penghibur Soekarno. Setiap pagi,ibu mengajar Soekarno mengajar menumbuk padi. Supaya dapat uang. Mereka memang sangat melarat, sampai untuk makan satu kali sehari pun tidak bisa. Kalau mendapat ubi kayu atau jagung tumbuk, Soekarno gembira sekali. "Aku tak punya apa-apa di dunia selain kasih sayang ibu. Tak jarang, Soekarno kecil menghibur diri dengan duduk dipangkuan ibu.

Sukarno Kecil Mimpi Petasan

Menyadari kemelaratannya, Soekarno kecil tak mau menyusahkan orangtua. Tidak suka minta uang jajan. minta mainan ataupun minta pakaian. Bahkan. kalau malam takbiran tiba, Soekarno kecil duduk dalam kamarnya yang kecil sambil tersedu sedan sendirian. la ingin main petasan, tapi tak pernah bisa membelinya.

Untuk anak usia 6 tahun, keinginan yang mendesak itu sangat menyiksa. Satu-satunya tempat menggerutu hanya pada ibu. Dari tahun ke tahun aku berharap, tapi tak sekalipun aku bisa melepaskan mercon," tangisnya. Meskipun demikian, Soekarno tak pernah ngambek. Kegiatan rutinnya, yakni belajar membaca, tetap dilakukannya tiap malam. Diawasi ayah. Soekarno bertekad, harus pintar.

Sukarno Ditampar Belanda

Waktu berusia 14 tahun, Soekarno pernah ditampar anak Belanda. sakit hati (pasti). Usia 16 tahun. Soekarno masuk perkumpulan politik Tri Koro Darmo yang berarti "Tiga Tujuan Suci". Ketekunannya untuk belajar apa saja setiap saat, membuat Soekarno makin pandai. Tanpa pernah kursus. Soekarno mengusai 7 bahasa asing.Pengetahuannya luas. Pandai berpidato dan menulis artikel. Bahkan berdebat dengan Belanda.

Ketika umur 25 tahun, Soekarno makin dikenal luas sebagai pejuang nasional. Sejak itu karirnya terus menanjak. Dialah Presiden Pertama RI yang kita kenal dengan panggilan Bung Karno.
Biografi Presiden Sukarno. sumber aslinya dijual disini


Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Masa Kecil Sukarno

Posting Komentar