Perayaan Hari Ulang Tahun Wilhelmina di Batavia

Dijual Buku Antik dan Langka

Suasana di Pasar Malam Gambir jaman dulu
Kalau kita tanyakan pada orang tua tempo dulu tentang perayaan-perayaan yang berhubungan dengan keluarga kerajaan Belanda dimasa yang lalu, biasanya yang biasa teringat dengan jelas cuma pasar Gambir (semacam "pasar malam") dalam rangka ulang tahun Ratu Wilhelmina tanggal 31 Agustus.

Konon pada pembukaan,pada ulang tahun ratu dan pada penutupan pasar malam, ada pertunjukan kembang api.

Kembang api buatan Jakarta ada yang menggambarkan Ratu Wilhelmina "Juliantje", anjing berkelahi dengan kucing, ronggeng dan lain-lain. Dalam adegan anjing berkelahi, kembang api itu diiringi oleh pula oleh letusan yang menggantikan salak anjing dan meong kucing. Dalam adegan ronggeng, tampak sironggeng melenggang lenggok dan selendangnya melambai-lambai.

Perayaan pernikahan puteri Juliana dengan pangeran Bernhard, perayaaan menyambut kelahiran puteri sulung mereka dan perayaan ulang tahun ke 40 penobatan Ratu Wilhelmina biasanya tercampur menjadi satu dalam ingatan orang tua-tua itu. Soalnya ketiga perayaan itu dilakukan dalam waktu yang berdekatan,antara tahun 1937-1938. Sumber: Intisari No.91 Agustus 1971

Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Perayaan Hari Ulang Tahun Wilhelmina di Batavia

Posting Komentar