Cerita Rakyat Harimau Jadi Jadian

Dijual Buku Antik dan Langka


Cerita Rakyat Harimau Jadi Jadian




HARIMAU JADI-JADIAN
Disebuah dusun tinggallah seorang tua dengan cucunya.
Ketika orang tua itu sudah meninggal. beberapa hari kemudian muncullah seekor harimau yang selalu datang kerumah cucunya ia minta. Oleh cucunya diberinyalah telur ayam untuk makan neneknya itu.

Pada suatu hari berkatalah neneknya kepada cucunya: "Naiklah kepunggungku, mari kubawa ketempat raja kami. "Maka naiklah cucunya itu keatas punggung neneknya. 

Entah beberapa lama berjalan dan berlari melalui hutan belukar, gunung dan jurang yang dalam, sampailah kesuatu lapangan, perkampungan harimau. Harimau belaka yang ada disitu. Ketika harimau yang lain membaui manusia, masing-masing mereguk-reguk seleranya hendak memakan anak tadi.

Tapi ketika diterangkan oleh neneknya, bahwa itu cucunya, tidak seekorpun yang mau mengganggu. Ditengah-tengah padang itulah raja harimau duduk dengan rantai besi sampai kepatala bumi. Kalau lepas, kiamatlah dunia ini.

Didekat raja harimau itu ada dua kolam. Satu kolam untuk menjelma menjadi manusia. Itulah yang disebut harimau jadi-jadian. 

Bedanya dengan manusia : bibir atas yang dibawah hidungnya tidak berbendar seperti bibir manusia. Inilah yang masuk kampung keluar kampung untuk menangkap mangsanya. Sumber: Langgam Sastra Lama 1958



Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Cerita Rakyat Harimau Jadi Jadian

Posting Komentar