Alat Musik Tradisional Sunda Gambang

Dijual Buku Antik dan Langka


Gambang


Alat Musik Tradisional Sunda Gambang 
Gambang adalah jenis waditra alat pukul yang sumber bunyinya terbuat dari bilah-bilah kayu. Dimainkan dengan cara dipukul dengan alat bantu pemukul.

Fungsi waditra ini sebagai adu manis lagu atau penghias lagu. Waditra ini merupakan bagian dari perangkat gamelan, seperti terdapat pada gamelan wayang atau gamelan pelog salendro.

Pengertian Istilah
Gambang merupakan akronim berasal dari iga (tulang rusuk), bang dari ngambang (terlihat/tampak). Ada ungkapan peribahasa Sunda yang menyatakan : "Eta iga meni siga ngambang ". Ungkapan ini menjelaskan keadaan orang sakit yang badannya sangat kurus hingga seperti tampak tulang rusuknya.

Gambang yang dibuat dari perunggu disebut Gangsa, seperti terdapat pada Goong Renteng. Gangsa gamelan atau perunggu. Gangsa berasal dari kata Ga (tiga dan tembaga), kata Sa (Sadasa/Sepuluh), dan Rajasa (timah Putih).

Gambang Gangsa artinya Gambang yang dibuat dari perunggu. Adapula gangsa itu merupakan istilah halus dari gamelan.

Bahan dan Rancang Bangun
Waditra Gambang terbuat dari bahan baku kayu,baik untuk bagian rurumah (resonator), maupun untuk sumber bunyi yang berupa bilah-bilah nada. Untuk keseluruhan waditra Gambang hampir menyerupai bentuk perahu.

Paku-paku dipergunakan untuk menempatkan bilah-bilah nada pada bagian atas papalayu,yang dibawahnya diberi alas beruoa benang-benang dari bahan kain.
Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Alat Musik Tradisional Sunda Gambang

Posting Komentar